CariNamaBayi.Com

Arti Nama Dalam Islam

Banyak di antara kita mencari-cari nama terbaik bagi anak yang nantinya akan kita bina agar menjadi anak yang sholeh dan berbakti kepada kedua orang tua. Hal ini menjadi menarik, dimana sebuah fakta bahwa trend baru yang saat ini terjadi adalah banyak orang menginginkan Nama Islami sebagai bagian dari nama sang anak.

Pemilihan Nama Islami bukanlah tanpa alasan, para ayah dan bunda saat ini cendrung memilih nama islami karena nama ini mempunyai sebutan yang indah dan arti yang baik. Berikut beberapa contoh pemilihan nama islami yang dapat anda gunakan sebagai referensi.

1. Penghambaan kepada Allah

Menamakan anak dengan nama hamba dari salah satu nama-nama Allah SWT sangatlah dicintai oleh -Nya. Hal ini tertulis dalam sebuah hadist yang diriwayatkan Muslim dari Ibnu Umar R.A, Nabi Muhammad SAW bersabda.

"Sesungguhnya nama yang paling dicintai Allah adalah Abdullah dan Abdurrahman." (HR. Muslim no. 2132).

Bahkan pada masa hidup Rasullullah SAW di kalangan sahabat nabi ada sebanyak 300 orang yang bernama Abdullah. Hal ini menandakan begitu populernya nama Abdullah pada waktu itu.

2. Nama Nabi dan Rasul

Para nabi dan rasul adalah orang-orang pilihan Allah SWT yang mempunyai akhlak yang mulia dan berbudi luhur. Para orangtua tentunya menginginkan anaknya mempunyai akhlak mulia seperti para nabi dan rasul. Nabi Muhammad SAW juga pernah menamakan anak dari ABu Musa RA dengan nama Ibrahim, beliau juga pernah menamakan anak dari Abdullah bin Salaam dengan nama Yusuf. Semkipun tidak ada hadist yang sakhih mengenai keutamaan memberi nama nabi dan rasul untuk anak kita, namun hal ini bisa menjadi contoh yang baik untuk mengenang para nabi dan rasul dan semangat mereka dalam berjuang dan beribadah.

3. Memberi nama anak dengan sifat yang baik

Memberi anak dengan makna yang baik adalah termasuk anjuran Rasullullah SAW. Nama seharusnya tidak mengandung perkataan yang buruk dan bermakna celaan. Sebagai contoh menggunakan nama Zahra yang berarti bunga untuk anak perempuan kita. Rasullulah SAW sendiri mencontohkan dua nama yakni Harits dan Hammam dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dengan sanad yang dhaif dari Abu Wahb al-Jusyami bahwasannya nabi SAW bersabda.

"Pakailah nama para nabi, nama yang paling dicintai Allah adalah Abdullah dan Abdurrahman, yang paling benar adalah nama Harits dan Hammam dan yang paling jelek nama Harb dan Murrah." (HR. Abu Daud dan An Nasai. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan lighoirihi sebagaimana disebutkan dalam Shahih At Targhib wa At Tarhib no. 1977).

4. Nama-nama orang Shalih yang terdahulu

Dalam sebuah hadits menggunakan nama orang muslimin yang shaleh seperti nama para sahabat Nabi SAW, nama orang tua dan nama keluarga terdahulu dianjurkan oleh Rasullullah. Hadist ini diriwayatkan oleh al-Mughirah bin Syubah radhiallahu anhu dari nabi SAW, beliau bersabda,

"Mereka dahulu suka memakai nama para nabi dan orang-orang shalih yang hidup sebelum mereka." (HR. Muslim no. 2135)

Memilih nama yang baik bagi anak adalah tanggung jawab orangtua. Jika anda merasa kebingungan dalam memilih nama bayi islami, anda dapat mengunjungi tautan nama islami. Salam.

dibaca: 1018762 kali

CariNamaBayi.Com memberikan kemudahan bagi anda yang sedang mencari ide nama untuk calon bayi anda atau bagi anda yang ingin mengetahui arti nama anda. Kami memiliki ribuan data nama beserta asal bahasa dan arti dari nama tersebut. Anda hanya cukup memasukkan nama atau kata yang ingin anda jadikan nama calon bayi anda pada form pencarian dibawah ini, maka system kami akan menampilkannya untuk anda.

Cari Nama Bayi Berdasarkan

Huruf Awal:

A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

Huruf Akhir:

A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z